You are currently viewing Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya
Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya

Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya

Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya

Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya : Masyarakat Indonesia khususnya daerah perkotaan akan dihadapkan pada situasi dan kondisi udara yang terus semakin panas , menyebakan mencari alternatip untuk mengatasi suhu udara tersebut dengan Ac, khususnya ac split. kenapa disebut ac split ?.

Arti dari split bisa diartikan dengan membagi, memecah dan pecah. Jadi dinamakan Ac split yang berarti Ac yang di bagi menjadi beberapa pendingin untuk dapat mendinginkan ruangan yang kecil kecil, sperti ruang kamar, tamu, gudang, dan lain lainnya. Disinilah salah satu kelebihanya ac split. Secara umum masyarakat sudah tau jenis dan bentuk ac split, yaitu ac yang ditempelkan / pasang pada dinding, sementara di eropa sana ac split di sebut dengan split wall mounted air conditioner yang berarti ac yang dipasang pada dinding. Ac split ini diatur untuk menghasilkan suhu yang lebih rendah dari suhu yang lebih tinggi pada ruangan, akan lebih efisien bila ruangan yang lebih banyak tertutup. Ini berlaku untuk seluruh jenis ac lainya.

Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya / Kapasitas Ac Split Dan Kelebihanya

Ac Split yang beredar dipasaran banyak jenis dan fariasinya mulai dari jenis Ac split standar, Low watt, inverter, inverter high premium bahkan masih ada banyak lagi jenis lain yang ditawarkan oleh masing masing merek ac, namun secara umum ac split dibagi menjadi 3 bagian seperti diatas. Untuk kapasitas Ac split secara umum sebagai berikut :

  1. Ac Split 1/2 Pk : Memiliki Btu 5.000 Btu
  2. Ac Split 3/4 Pk : memiliki Btu 7.000 Btu
  3. Ac Split 1 Pk : Memiliki Btu 9.000 Btu
  4. Ac Split 1,5 Pk : Memiliki Btu 12.000 Btu
  5. Ac Split 2 Pk : Memiliki Btu 18.000 Btu
  6. Ac Split 2,5 Pk : Memiliki Btu 24.000 Btu

Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya : Secara umum masyarakat hanya di suguhkan dengan ukuran pk dari suatu Ac tanpa mengetahui ukuran BTU dari unit ac tersebut. Pengetahuan Btu ac penting untuk di ketahui, untuk mendapatkan kebutuhan pendinginan yang tepat, serta sesuai yang diinginkan. Karena hampir setiap merek ac memiliki ukuran pk yang sama, namun berbeda ukuran Btu ( British thermal unit ) yang terdapat pada masing masing ac. Semakin besar Btu semakin kuat kinerja ac dalam melakukan proses pendinginan. Bingngung ya …. he he he. susah menyusun kata katanya sih .

paling gampangnya begini : Contoh kalau di mobil atau motor adalah Cc, semakin besar cc suatu kendaraan maka kekuatan daya dari unit tersebut akan semakin kuat, maka demikian dengan Ac dengan ukuran Btu yang dimiliki. dengan contoh perhitungan simple begini :

a. kamar tidur ukuran panjang 3 meter. Lebar 3 Meter dan tinggi 2, 5 meter. serta mau ditempati hanya 1 orang maka
(3 x 3 x 2,5 x 5 x 37) + (1 x 600)

   = 4.162,5 + 1.200

   = 4.732,5 Btu Cukup dengan ac 1/2 Pk dengan ukuran 5.000 Btu 

b. Ukuran yang sama namun di tempati oleh 3 orang
(3 x 3 x 2,5 x 5 x 37) + (3 x 600)

   = 4.162,5 + 1.800

   = 5.962,5 Btu 
  Maka Ac yang dibutuhkan adalah 3/4 Pk. Bukan ac split 1/2 Pk 

Penjelasan diatas untuk memberikan informasi pada saat akan membeli ac untuk kebutuhan ruangan kamar, karena banyak ac yang ukuran Btu tidak sesuai dengan kapasitas Btu sesuai dengan keterangan pk diatas.

Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya Serta Pengaruh harga terhadap Pk dan Btu

Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya: Ukuran Pk pada unit pendingin tentu akan sangat berpengaruh terhadap harga unit, semakin tinggi pk dan btu ac, semakin tinggi dana yang akan di keluarkan, selain mahal, pemakaian listrik juga akan besar.

Perbedaan Ac split standar, low watt dan Inverter

Secara garis besar, Tehnologi ac dibagi 3 bagian. Ac split standar, low watt dan Inverter. Yang membedakan ke 3 tehnologi diatas adalah

AC Standart

Ac standar memiliki fitur standar pada tehnologi pendinginan. Kemampuan kerja kompresor memang ok, namun fitur standar yang dimiliki pendingin ini membuat daya kebutuhan listik pada ac ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ac lainya, vitur lain pada unit ac standar juga masih sedikit. Bila suhu ruangan sudah mencapai, kompresor akan mati, lalu akan start kembali apabila suhu sudah tidak sesuai dengan suhu ruangan yang diinginkan pada remot. Inilah yang membuat ac split standar pemakaian listriknya lebih mahal.

AC Low Watt

Sering disebut dengan Ac yang watt rendah. Ac low watt konsumsi listriknya lebih rendah dibanding dengan ac standar. Kekurangan ac ini, pada saat pertama dinyalakan, unit akan lebih lama untuk mendinginkan ruangan sebab cara kerjanya ac ini melakukan pembatasan aliran listrik pada running pertama bertujuan untk menghemat listrik. Sama seperti ac standar, bila suhu telah mencapai, kompresor akan mati, nyala kembali bila suhu sudah naik, dan proses pendinginan akan lebih lambat kembali dengan system pembatasan konsumsi listrinya. Bila Mengharapkan pendinginan yang cepat pada running awal…jangan membeli ac ini, agak lumayan juga yang kecewa, karena proses pendinginanya lumayan lama.

AC Inverter

Kemampuan serta tehnologi type Ac Inverter membuat masyarakat berbondong bondong ingin memiliki ac ini, walau dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan 2 type ac lainya. Kesejukan ruangan dapat dicapai dengan singkat walaupun membutuhkan daya listrik lebih besar pada saat running, namun akan segera melakukan penghematan setelah ruangan mulai dingin. Tehnologi inverter yang unik dalam unit membuat ac ini mampu melakukanya. Kompresor pada ac inverter tidak akan mati selama unit tidak dimatikan, akan terus menyala untuk mempertahankan suhu dalam ruangan. Kompresor yang terus bekerja untuk mempertahankan suhu membuat ac jenis ini hemat listrik. Dengan kondisi ac yang mati hidup terus menerus membuat jenis ac lainya lebih boros dalam konsumsi listrik.

Untuk tehnologi lain pada jenis dan merek ac diluar daripada ke tiga jebis ac yang disebutkan diatas adalah tambahan tambahan fitur lainya, seperti kontrol jarak jauh, kelembaban dan lain lainya.

Demikian pembahasan mengenai Ac split yang mungkin akan bermanfaat sebelum memutuskan dalam pembelian / mengganti ac lama ke ac baru

Kesimpulan Pengertian Ac Split Dan Kelebihanya :

  1. Hitung luas ruangan dan kapasitas penghuni dalam ruangan. Dapatkan hasil perhitungan Btu.
  2. Hasil perhitungan sesuaikan dengan Pk
  3. Jangan berpatokan pada Pk, berpatokanlah pada Btu, karenna btu berbeda beda pada masing masing merek. ( untuk semua jenis tehnologi )
  4. Bila ingin proses pendinginan yang cepat dan hemat listrik, belilah ac inverter

Ingin Tau lebih banyak mengenai Ac atau ingin belajar Ac Klik Link berikut

Tinggalkan Balasan